Rabu, 03 Oktober 2012

Cara Membuat Cokelat Praline

Bikin Cokelat Praline Sendiri - Kompas Female <!-- fancybox


  Gemar makan cokelat Praline? Itu lho, cokelat mungil dengan isi yang bervariasi dan dicetak dengan berbagai bentuk. Anda bisa membuat cokelat praline di rumah dengan rasa yang sama seperti cokelat yang dijual di hotel berbintang.
Berikut adalah langkah-langkah membuat cokelat praline:
Coffee Praline
Bahan:
* 500 gr fresh cream
* 20 gr kopi instan
* 600 gr Tulip super compound dark chocolate
* 100 gr butter
* Cetakan plastik (piping bag) dengan berbagai bentuk

Cara membuat:
1. Panaskan fresh cream dan kopi instan sampai kopi larut. Aduk-aduk terus hingga kopi tidak menggumpal. Sisihkan dan dinginkan.
2. Potong kecil compound dark chocolate, kemudian lelehkan di atas air panas. Jenis cokelat ada dua, yakni cokelat compound dan coverture. Coklat compound terbuat dari minyak kelapa sawit, sedangkan coverture terbuat dari cokelat asli.
3. Setelah cokelat agak dingin, tambahkan unsalted butter atau mentega yang tidak asin.
4. Siapkan cetakan, kemudian tuang cokelat ke dalam cetakan. Rapikan cokelat yang keluar dari jalur cetakan dengan spatula. Biarkan sekitar 2-3 menit.
5. Tuang kembali adonan cokelat dalam cetakan ke wadah cokelat, sehingga nanti akan terbentuk cetakan tipis dari cokelat. Dinginkan dalam suhu ruangan.
6. Siapkan adonan isi (kopi instan dan fresh cream). Kalau Anda suka krim kacang, gunakan saja selai kacang yang sudah jadi atau sesuai selera Anda. Masukkan ke dalam plastik segitiga.
7. Masukkan adonan isi (filling) menggunakan piping bag ke dalam cetakan. Pastikan kalau cokelat (adonan kulit dari cokelat) sudah mengeras.


8. Lapisi kembali dengan adonan cokelat. Rapikan dengan spatula. Kemudian dinginkan dalam suhu ruangan selama 10-15 menit. Nah, kalau Anda ingin cokelat terlihat mengkilap saat disajikan, masukkan langsung ke dalam freezer (suhu yang ekstrem akan membuat cokelat mengkilap).
9. Setelah siap, cokelat siap dikeluarkan dari cetakan. Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar